Anak Jalanan

Berawal dari kepedulian terhadap tingginya angka penyalahgunaan narkoba di kalangan anak-anak jalanan (anjal), lima mahasiswa Universitas Airlangga merancang dan mengusulkan program kreativitas mahasiswa (PKM) berjudul “Pemberdayaan Anak Jalanan Berbasis Jaringan Sosial Sebagai Upaya P4GN (Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba).

Dengan urgensinya permasalahan yang dipilih itu, proposal PKM bidang Pengabdian Masyarakat (PKMM) ini lolos seleksi Dikti dan memperoleh dana pengembangan dari Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) untuk program PKM tahun 2016-2017.
Program pemberdayaan anak jalanan ini dilaksanakan oleh Nur Syamsiyah (2014), Dini Nurul Ilmiah (2014), Dewi Miftakhur Roifah (2014), Oktavimega Yoga (2014) dan Hasna Putri Permana (2015). PKMM ini lebih menekankan pada edukasi kreatif dan membangun jaringan sosial di kalangan anak jalanan.
jalanan
ANAK jalanan terlibat aktif menjadi subyek dalam pembelajaran berbasis jaringan sosial. (Foto: Dok PKMM)
Penyampaian materinya dilakukan secara interaktif, sehingga anak jalanan juga turut aktif menjadi subyek dan tidak sekedar menjadi audiens pasif dengan disertai kegiatan outbound dan simulasi bahaya narkoba secara kreatif.
Penyampaian materi juga menjadi lebih optimal ketika anjal dapat mendefinisikan sendiri tentang bahaya narkoba melalui sudut pandang mereka berdasarkan contoh-contoh pengalaman tentang kehidupan pengguna atau mantan pengguna narkoba dengan melihat realitas yang ada.
Hal ini juga sejalan dengan tema besar Hari Anti Narkotika Internasional yang diperingati pada 26 Juni 2017 lalu, yaitu “Listen First”. Tema besar tersebut menekankan pada edukasi bahaya narkoba sejak dini tanpa mendoktrin anak-anak, melainkan lebih banyak mendengar permasalahan mereka dan memberikan ruang bagi mereka untuk bisa didengar.

Pelaksanaan program ini juga mendapat dukungan banyak pihak, diantaranya Komunitas Save Street Child Surabaya (SSC), Badan Narkotika Nasional Provinsi Jawa Timur, juga Prof. Dr. Bagong Suyanto, M.Si sebagai pakar sosial anak sekaligus pembimbing program ini.
Setelah dilaksanakan selama empat bulan di wilayah Ambengan Selatan Karya, diperoleh hasil bahwa ada peningkatan pemahaman pada anjal terhadap bahaya narkoba serta tindakan P4GN (Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba).
Melalui program ini telah dibentuk kader anti-narkoba di kalangan anak jalanan dengan sebutan “Satria Anti Narkoba” (SAN). Para kader itu diharapkan dapat memahami bahaya narkoba serta tindakan yang harus dilakukan apabila terjadi kasus penyalahgunaan narkoba di lingkungan sekitarnya. Dengan demikian, anak jalanan dapat membentengi diri mereka dan lingkungannya dari bahaya narkoba.

source  : http://news.unair.ac.id/2017/07/11/pemberdayaan-anak-jalanan-berbasis-jaringan-sosial-sebagai-upaya-p4gn/



Daftar Fakultas di Universitas Airlangga :
  1. Fakultas Kedokteran
  2. Fakultas Kedokteran Gigi
  3. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  4. Fakultas Hukum
  5. Fakultas Psikologi
  6. Fakultas Farmasi
  7. Fakultas Ilmu Budaya
  8. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  9. Fakultas Kesehatan Masyarakat
  10. Fakultas Sains dan Teknologi
  11. Fakultas Perikanan dan Kelautan
  12. Fakultas Kedokteran Hewan
  13. Fakultas Keperawatan
  14. Fakultas Vokasi
  15. Sekolah Pasca Sarjana

Cari juga bahan risetmu di sini

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lamaran Nikah

Suku Osing

Herbal Sanitizer